Geliat Santri Ponpes Ulul Albab Warnai MAN 3 Sukabumi

Diposting pada: 2016-05-15, oleh : MAN Surade, Kategori: Kegiatan Siswa

Sejak dibukanya program keagamaan di MAN Surade yang sekarang berganti nama menjadi MAN 3 Sukabumi sesuai surat edaran KMA No. 212 Tahun 2015 tentang Perubahan Nama MAN, MTsN, dan MIN di Provinsi Jawa Barat ternyata membawa aroma positif bagi perkembangan lembaga tersebut. Existensi santri yang luar biasa telah membawa energi hangat dalam membangun paradigma masyarakat terhadap lulusan MAN 3 Sukabumi yang mampu berperan penting dalam kehidupan nyata. Sesuai visi misi lembaganya yaitu "Terwujudnya Warga Madrasah yang unggul dalam Imtaq, berwasasan Iptek, Berdaya Saing dan Menjadi Pilihan Umat" maka keberadaan Pondok Pesantren Ulul Albab MAN 3 Sukabumi ini diharapkan melahirkan out put yang ideal. 

Layaknya kegiatan santri di pesantren-pesantren lain, tidak kalah meriahnya di akhir masa belajar kelas XII santri MAN 3 Sukabumi diadakannya kegiatan Haflah Muwada'ah yang diikuti oleh seluruh santri baik kelas X, XI dan utamanya kelas XII yang dihadiri pula oleh orang tua masing-masing. Selain itu turut hadir pula seluruh pengajar di pesantren, pejabat MAN 3 Sukabumi, tokoh ulama wilayah setempat dan undangan umum. 

Kegiatan haflah yang dihadiri pula oleh Bapak Drs. Asep Wahyu sebagai Wakamad Kesiswaan, beliau menuturkan bahwa siswa/santri lulusan Ponpes Ulul Albab MAN 3 Sukabumi ini memang harus "Luhung Elmuna Jembar Akhlakna". Mudah-mudahan apa yang didapatkan santri dalam belajar ini pondok dan lembaga ini bisa diimplementasikan dengan baik di tengah-tengah masyarakat dan membawa harum nama baik lembaga ini setelah menjadi alumni.

Dalam kesempatan yang sama Bapak Hadiansyah Yudistira, S.Th.I. lulusan Tafsir Hadits UIN Yogya yang juga sebagai koordinator pesantren Ulul Albab MAN 3 Sukabumi menyampaikan bahwa bentuk pesantren ini adalah "Pesantren Inclusive". 

Senada dengan Bapak Sulaeman Jamal, S.Ag. selaku tenaga pengajar sekaligus panutan bagi santri-santrinya mengungkapkan bahwa kegiatan haflah muwada'ah ini pondok pesantren Ulul Albab ini merupakan ajang pembekalan santri dengan pitutur dan doa guru (ustadz), ajang pentas kreatifitas santri dan silaturahim orang tua wali santri dengan pihak pesantren. Beliau menambahkan bahwa kegiatan ini juga mengandung manfaat/harapan yaitu berikhtian menambahkan semangat santri untuk mengaji dan melanjutkan studi dan ini merupakan bagian dari rangkaian upaya mewujudkan visi misi lembaga MAN 3 Sukabumi. Dengan penuh semangat dan optimis beliau menegaskan bahwa santri lulusan/alumni pesantren ini bermanfaat untuk banyak pihak, santri, stake holder MAN 3 Sukabumi dan masyarakat.

Salah satu santri yang hafidz 3-4 juz yaitu Asep Baden yang masih aktif mengaji mengatkan pada kami; "

Seiring dengan pernyataan salah satu alumni pesantren sdr. Dede Rinaldi yang dengan penuh kepastian menuturkan bahwa; selama menjadi santri di pesantren saya merasa senang sekali karena rasa persaudaraan dan kekeluargaannya sangat tinggi, sehingga sangat sulit sekali kenangan dan ilmu yang didapat selama belajar dilupakan begitu saja. Dan dapat dianalisa bahwa pesantren Ulul Albab MAN 3 Sukabumi ini kemajuannya begitu pesat. Semoga menjadi inspirasi bagi semua pihak.

by: humasmansurade@gmail.com

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id